Rabu, 10 November 2010

TURUNNYA MARTABAT HUKUM

Hukum di negeri kita sudah tak jelas wajahnya. antara kebenaran dan kesalahan sulit untuk dibedakan. maka tidak heran jika martabat dari hukum di negeri kita mengalami penurunan.
Kita lihat saja bagaimana polisi yang seharusnya mampu melindungi masyarakatnya dan kadang kala ditakuti sehingga masyarakat tidak melanggar hukum, kini tidak demikian malah yang terjadi justru sebaliknya. polisi  justru kehilangan nyawanya di tangan masyarakat yang bertindak beringan dan anarkis. Ini menunjukkan buklti bahwa kesadaran masyarakat akan hukum di negeri ini benar-benar rendah.
Tidak hanya itu, bahkan seorang berani melakukan tindakan yang bersifat melawan hukum di depan pengadilan. sungguh disayangkan hal ini terjadi.
Hal-hal seperi ini tidak bisa hanya dilihat dari segi normatif saja, tetapi perlu dikaji dari segi sosiologi hukum untuk mengetahui kenapa hal tersebut dapat terjadi. ini pun tidak dapat terus dibiarkan terjadi terus menerus karena dapat mengakibatkan kecilnya kontrol hukum terhadap masyarakat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar